skip to main | skip to sidebar

Experience Post

  • Entries (RSS)
  • Comments (RSS)
  • Home
  • About Us
  • Archives
  • Contact Us

Sabtu, 12 Mei 2012

OOP 2 : Encapsulation (Bab II)

Diposting oleh Experience Post di 08.12 Label: OOP 2
Ketemu lagi para brother and sister pada pembahasan Object Oriented Programing 2. Kali ini kita masuk pada bab II yaitu encapsulation


Enkapsulasi adalah pembungkus, pembungkus disini dimaksudkan untuk menjaga suatu proses program agar tidak dapat diakses secara sembarangan atau di intervensi oleh program lain. Konsep enkapsulasi sangat penting dilakukan untuk menjaga kebutuhan program agar dapat diakses sewaktu-waktu, sekaligus menjaga program tersebut.
Dalam kehidupan sehari hari enkapsulasi dapat dimisalkan sebagai arus listrik pada generator, dan sistem perputaran generator untuk menghasilkan arus listrik. Kerja arus listrik tidak mempengaruhi kerja dari sistem perputaran generator, begitu pula sebaliknya. Karena didalam arus listrik tersebut, kita tidak perlu mengetahui bagaimana kinerja sistem perputaran generator, apakah generator berputar kebelakang atau ke depan atau bahkan serong. Begitu pula dalam sistem perputaran generator, kita tidak perlu tahu bagaimana arus listrik, apakah menyala atau tidak.

Begitulah konsep kerja dari enkapsulasi, dia akan melindungi sebuah program dari akses ataupun intervensi dari program lain yang mempengaruhinya. Hal ini sangat menjaga keutuhan program yang telah dibuat dengan konsep dan rencana yang sudah ditentukan dari awal.

Mari kita lihat contoh programnya :
C# :

using System;

namespace enkapsulasi
{
    class konstruksi
    {
        private string nama, alamat,telp;
        
        public string  name
        {
            get
            {
                return nama;
            }
            set
            {
                this.nama = value;    
            }
        }
        public string adres
        {
            get
            {
                return alamat;
            }
            set
            {
                this.alamat = value;    
            }
        }
        public string numb
        {
            get
            {
                return telp;
            }
            set
            {
                this.telp = value;    
            }
        }
        public void tampil()
        {
            Console.WriteLine(nama);
            Console.WriteLine(alamat);
            Console.WriteLine(telp);
        }
    }
    class Program
    {
        public static void Main(string[] args)
        {
            String nama1, alamat1,nomor1;
            Console.Write("Masukan nama anda = ");
            nama1=Console.ReadLine();
            Console.Write("Masukan alamat anda = ");
            alamat1= Console.ReadLine();
            Console.Write("masukan nomor telefon anda = ");
            nomor1=Convert.ToString(Console.ReadLine());
            
            konstruksi kapsul= new konstruksi();
            kapsul.name = nama1;
            kapsul.adres = alamat1;
            kapsul.numb = nomor1;
            Console.ReadLine();
            kapsul.tampil();
            
            Console.Write("Press any key to continue . . . ");
            Console.ReadKey(true);
        }
    }
}

Setelah di run : 

pada java :
package enkapsulasi;
import java.util.Scanner;

class konstruksi
 {
   
    private String nama, alamat,telp;

    public void name(String jeneng)
    {
     nama = jeneng;
    }
    public void adres(String jalan)
    {
        alamat=jalan;
    }
    public void numb(String hape)
    {
        telp=hape;
    }
    public String ambilnama()
    {
        return (nama);
    }
    public String ambilalamat()
    {
        return (alamat);
    }
    public void tampil()
    {
        System.out.println("Nama saya adalah " + nama);
        System.out.println("Alamat saya adalah "+ alamat);
        System.out.println("Nomor telfon saya adalah "+telp);
    }
}
public class Main {

    public static void main(String[] args)
    {
        String nama1,alamat1,nomor1;

        Scanner kampret = new Scanner(System.in);
        System.out.print("masukan nama anda = ");
        nama1 = kampret.nextLine();
        System.out.print("Masukan alamat anda = ");
        alamat1=kampret.nextLine();
        System.out.print("masukan nomor telefon anda = ");
        nomor1=kampret.nextLine();

        konstruksi kapsul= new konstruksi();

        kapsul.name (nama1);
        kapsul.adres (alamat1);
        kapsul.numb (nomor1);
        System.out.println();
        kapsul.tampil();
    }

}
setelah di run hasilnya :

Terimakasih brother and sister, sampai ketemu lagi pada bab II
Kirimkan Ini lewat Email BlogThis! Bagikan ke X Berbagi ke Facebook

0 komentar:

Posting Komentar

thank for your comment..

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda
Langganan: Posting Komentar (Atom)

Sponsored

  • banners
  • banners
  • banners
  • banners

Lencana Facebook

Akhlis Wiranata

Buat Lencana Anda

Daftar Blog Saya

  • Ng`Blog Biar Gak GobloG - BlogNya Gede Lumbung
    Tips & Trick : SSH Tunnel for MySQL Remote Access
    6 tahun yang lalu
  • just another silly blog
    Design Pattern : Singleton Pattern
    12 tahun yang lalu
  • Syntax Never Dies ! ! !
    Aplikasi Koran Online menggunakan Framework Becak HMVC
    12 tahun yang lalu
  • blogkomputer.com/
  • KangSaGa.com
  • Heiji Hattori

Total Tayangan Halaman

ShoutMix

Labels

01102011 (1) 02112011 (2) android (1) OOP 2 (10)

Blog Archive

  • ▼  2012 (10)
    • ►  Juli (5)
    • ▼  Mei (5)
      • OOP2: Inheritance (Bab 4)
      • OOP2 : Polymorphism - overridding (Bab 3.2)
      • OOP2 : Polymorphism - overloading (Bab 3.1)
      • OOP 2 : Encapsulation (Bab II)
      • OOP 2. Class Method Identifier (Bab 1)
  • ►  2011 (9)
    • ►  Desember (3)
    • ►  November (5)
    • ►  Oktober (1)

Contact Me

Followers

 

© 2010 My Web Blog
designed by DT Website Templates | Bloggerized by Agus Ramadhani | Zoomtemplate.com