skip to main | skip to sidebar

Experience Post

  • Entries (RSS)
  • Comments (RSS)
  • Home
  • About Us
  • Archives
  • Contact Us

Minggu, 20 November 2011

Pengenalan OOP - Looping (part for)

Diposting oleh Experience Post di 18.27
Senin, 21 November 2011


Badan masih terasa pegal - pegal capek abis adventure ndek alas purwo bareng temen - temen UKM. Kuliah jugag lagi kosong tiba - tiba keinget ma satu tugas yang dah kelar sejak seminggu yang lalu tapi blum ke posting jugag. Nah mumpung lagi nganggur ayo dah posting experience yang bagiku kemaren agak terasasulit karena perbedaan bahasa dan akhirnya ada perubahan juga meskipun gag sampek merubah algoritma yang telah dibuat.

Bab ini yaitu tentang Looping (perulangan).
Definisi looping yaitu beberapa instruksi diulang untuk suatu jumlah pengulangan yang tertentu. Jumlah pengulangan dapat diketahui sebelumnya atau ditentukan dalam jumlah program.

Kegunaan looping
meringkas algoritma datau program dengan mengotomatisasi perintah perintah yang sama yang dikerjakan berulang - ulang. Struktur loop sangat efektif sangat efektif karena dapat menyingkat puluhan bahkan mungkin ratusan hingga ribuan baris kode menjadi beberapa baris saja.


Bahasan kali ini yaitu bagian looping yang pertama yaitu for. for merupakan jenis perulangan yang paling sering dipakai hampir setiap bahasa program.Syntaxnya adalah sebagai berikut :


for ( inisialisasi, kondisi, iterasi )
{
      // yang ingin dilakukan


}


Dalam for kita bisa melakukan inisialisasi,yaitu melakukan deklarasi variabel baru dan langsung memasukan nilai di dalamnya kemudian memberikan kondisi dimana perulangan itu akan terus dilakukan dan pada akhirnya menentukan iterasi.


Ini contoh program yang saya buat gan,


C#

/*
 * Created by SharpDevelop.
 * User: ceplez
 * Date: 11/3/2011
 * Time: 12:05 PM
 * 
 * To change this template use Tools | Options | Coding | Edit Standard Headers.
 */
using System;

namespace oopFor
{
class diet
{
private string nama,makan;
private byte jumlah,cek,hitung,i;
public void bioadata()
{
Console.Write("Masukan nama anda = ");
nama=Convert.ToString(Console.ReadLine());
Console.Write("Masukan jumlah brapa kali anda makan dalam sehari = ");
jumlah=Convert.ToByte(Console.ReadLine());
}
public void tampil()
{
Console.WriteLine("Anda negan nama "+nama);
Console.WriteLine("Jumlah rencana makan anda dalam sehari adalah "+jumlah+" kali sehari");
}
public void proses()
{
Console.WriteLine("Harap diisi dengan huruf y atau n");
for (i=1;i<=jumlah;i++ ) 
{
Console.Write("Apakah anda telah makan yang ke- "+i+"?");
makan=Convert.ToString(Console.ReadLine());
if (makan.ToLower() =="y")
{
cek=1;
}
else if (makan=="n"||makan=="N") 
{
cek=0;
}
else
{
Console.WriteLine("Inputan yang anda masukan salah");
}
hitung= Convert.ToByte(cek+hitung);
}
Console.ReadLine();
if (hitung==0)
{
Console.WriteLine("Kesimpulan : ");
Console.WriteLine("Anda mau bunuh diri yaa???");
}
else if (hitung==1) 
{
Console.WriteLine("Kesimpulan : ");
Console.WriteLine("Anda lagi bokek yaa??");
}
else if (hitung==2)
{
Console.WriteLine("Kesimpulan : ");
Console.WriteLine("Harap perbaiki pola makan anda..");
}
else if (hitung==3)
{
Console.WriteLine("Kesimpulan : ");
Console.WriteLine("Pola makan anda bagus, harap dijaga yaa..");
}
else
{
Console.WriteLine("Kesimpulan : ");
Console.WriteLine("Harap perbaiki pola makan anda..");
}
}
public static void Main(string[] args)
{
Console.WriteLine("Selamaat datang di program diet");
Console.WriteLine("----------------------------------");
diet polaMakan=new diet();
polaMakan.bioadata();
Console.WriteLine("----------------------------------");
Console.ReadKey();
polaMakan.tampil();
polaMakan.proses();
Console.Write("Press any key to continue . . . ");
Console.ReadKey(true);
}
}
}

Hasilnya seperti ini gan :


Kalo pada Java seperti ini :

import java.util.Scanner;
public class pemangkatan
{
Scanner input=new Scanner(System.in);
private String nama,makan;
private Byte jumlah,i,cek,hitung=0;
public void bioadata()
{
System.out.print("Masukan nama anda = ");
nama=input.nextLine();
System.out.print("Masukan jumlah brapa kali anda makan dalam sehari = ");
jumlah=input.nextByte();
}
public void tampil()
{
System.out.println("Anda negan nama "+nama);
System.out.println("Jumlah rencana makan anda dalam sehari adalah "+jumlah+" kali sehari");
}
public void proses()
{
input=new Scanner(System.in);
System.out.println("Harap diisi dengan huruf y atau n");
for (i=1;i<=this.jumlah;i++ ) 
{
System.out.print("Apakah anda telah makan yang ke- "+i+"?");
makan=input.next();
if (makan.equals("y")||makan.equals("Y"))
{
cek=1;
}
else if (makan.equals("n")||makan.equals("N")) 
{
cek=0;
}
else
{
System.out.println("Inputan yang anda masukan salah");
}
hitung= Byte.parseByte(String.valueOf(cek+hitung));
}
System.out.println();
if (hitung==0)
{
System.out.println("Kesimpulan : ");
System.out.println("Anda mau bunuh diri yaa???");
}
else if (hitung==1) 
{
System.out.println("Kesimpulan : ");
System.out.println("Anda lagi bokek yaa??");
}
else if (hitung==2)
{
System.out.println("Kesimpulan : ");
System.out.println("Harap perbaiki pola makan anda..");
}
else if (hitung==3)
{
System.out.println("Kesimpulan : ");
System.out.println("Pola makan anda bagus, harap dijaga yaa..");
}
else
{
System.out.println("Kesimpulan : ");
System.out.println("Harap perbaiki pola makan anda..");
}

}
public static void main(String[] args) {
System.out.println("Selamaat datang di program diet");
System.out.println("----------------------------------");
pemangkatan polaMakan=new pemangkatan();
polaMakan.bioadata();
System.out.println("----------------------------------");

polaMakan.tampil();
polaMakan.proses();
}


}


Trus hasilnya seperti ini nih :


Nah ini yang terakhir  perulangan for dalam bahasa C++ :

#include <iostream>


using namespace std;
class diet
{
private :
    string nama, makan;
    short jumlah, cek, hitung, i;
    public:
    void biodata()
{
 cout << endl << "Masukan nama anda = ";
 cin >> nama;
 cout << "Masukan jumlah brapa kali anda makan dalam sehari = ";
 cin >> jumlah;
 
}
    void tampil()
{
 cout << endl << "Anda dengan nama = " << nama;
 cout << endl << "Jumlah rencana makan anda dalam sehari adalah "<<jumlah <<" kali sehari",jumlah;
}
    void proses()
{
 cout << endl << "Harap masukan huruf y atau n";
 for (i=1;i <= jumlah; i++)
 {

   cout << "Apakah anda telah makan yang ke " << i << "??";
   cin >> makan;
   if (makan=="y"||makan=="Y")
   {
     cek=1;
   }
   else if (makan=="n"||makan=="N")
   {
     cek=0;
   }
   else
   {
     cout << "Inputan yang anda masukan salah";
   }
   hitung=cek+hitung;
 }
 
   cout << endl;
   if (hitung==0)
   {
     cout << endl <<"Kesimpulan";
     cout << endl <<"Anda mau bunuh diri yaa!!!";
   }
    else if (hitung==1)
   {
     cout << endl <<"Kesimpulan";
     cout << endl <<"Anda lagi bokek yaa???";
   }
    else if (hitung==2)
   {
     cout << endl <<"Kesimpulan";
     cout << endl <<"Harap perbaiki pola makan Anda!!!";
   }
    else if (hitung==3)
   {
     cout << endl <<"Kesimpulan";
     cout << endl <<"Pola makan anda sudah bagus, pertahankan ya..";
   }
    else
   {
     cout << endl <<"Kesimpulan";
     cout << endl <<"Harap perbaiki pola makan Anda!!!";
   }      
}
};
int main()
{
  cout << endl << "SELAMAT DATANG DI PROGRAM DIET";
  diet polamakan;
  polamakan.biodata();
  polamakan.tampil();
  polamakan.proses();
  return 0;
}


Ini dia hasilnya :

Beres sudah gan,, monggo dicoba yah... dijamin ketagihan....
Kirimkan Ini lewat Email BlogThis! Bagikan ke X Berbagi ke Facebook

0 komentar:

Posting Komentar

thank for your comment..

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda
Langganan: Posting Komentar (Atom)

Sponsored

  • banners
  • banners
  • banners
  • banners

Lencana Facebook

Akhlis Wiranata

Buat Lencana Anda

Daftar Blog Saya

  • Ng`Blog Biar Gak GobloG - BlogNya Gede Lumbung
    Tips & Trick : SSH Tunnel for MySQL Remote Access
    6 tahun yang lalu
  • just another silly blog
    Design Pattern : Singleton Pattern
    12 tahun yang lalu
  • Syntax Never Dies ! ! !
    Aplikasi Koran Online menggunakan Framework Becak HMVC
    12 tahun yang lalu
  • blogkomputer.com/
  • KangSaGa.com
  • Heiji Hattori

Total Tayangan Halaman

ShoutMix

Labels

01102011 (1) 02112011 (2) android (1) OOP 2 (10)

Blog Archive

  • ►  2012 (10)
    • ►  Juli (5)
    • ►  Mei (5)
  • ▼  2011 (9)
    • ►  Desember (3)
    • ▼  November (5)
      • Special Edition
      • Pengenalan OOP - Looping ( Part While... Do )
      • Pengenalan OOP - Looping (part for)
      • Pengenalan OOP - Selection (part-2)
      • Pengenalan OOP - Selection (part - 1)
    • ►  Oktober (1)

Contact Me

Followers

 

© 2010 My Web Blog
designed by DT Website Templates | Bloggerized by Agus Ramadhani | Zoomtemplate.com